Selasa, 17 Maret 2009

My Job as Purchasing & Planning at Givaudan Indonesia

Profile Givaudan



Sebagai perusahaan terkemuka dalam industri citarasa dan wangi-wangian/Parfum, Givaudan menciptakan,memberikan solusi dan memperoduksi citarasa (Flavours) dan wangi-wangian (Fragrances)yang unik dan inovatif

Flavours & Fragrances dikembangkan untuk industri makanan ,minuman untuk konsumsi global, regional, lokal serta rumah tangga, dan aroma wangi-wangian untuk perawatan pribadi dan dan industri.
Givaudan, yang berkantor pusat di Vernier, Swiss memegang 25% pangsa pasar di industri yang secara keseluruhan bernilai sekitar CHF 17 miliar. Saat ini GIVAUDAN adalah perushaan Flavours & Fragrances teratas di dunia. Perusahaan telah terdaftar di pasar saham Swiss SWX sejak spin-off-nya pada bulan Juni 2000,adalah salah satu dari 30 perusahaan terbesar di bursa Swiss

Givaudan beroperasi melalui jaringan lebih dari 40 anak perusahaan dan matang dalam pengembangan pasar di Eropa, Afrika dan Timur Tengah, Amerika Utara, Amerika Latin serta Asia Pasifik.

Apa yang membuat Givaudan dari perusahaan lain dalam industri ini adalah fokus dan semangat untuk sukses membangun kemitraan dengan para pelanggan, dengan membantu mereka dalam memahami merek dan konsumen. Givaudan dikenal karena kemampuan untuk secara konsisten memberikan rasa baru dan menghasilkan scents yang tinggi tingkat penerimaan konsumen dan loyalitas merek di berbagai kategori produk.
Visi Givaudan adalah menjadi “ leading sensory innovation”








Facts & Figures

Headquarters Vernier, Switzerland
Founded in 1796
Traded on virt-x Ticker symbol 1064593 (GIVN)
Sales CHF 4,087 million in 2008
World market share approximately 25%
Number of employees 8,772
Number of countries with subsidiaries 46
Number of global creation centres Flavour Creation Centres: 37
Fragrance Creation Centres: 23
Selected list of creation centres Argenteuil & Paris, France; Mumbai, India; Cincinnati, New York & East Hanover, US; Dübendorf, Switzerland; Naarden, Netherlands, Ashford, U.K, Shanghai, China; Sao Paolo, Brazil; Johannesburg, South Africa; and Singapore.
Number of production sites 38
Number of locations 90
Key fragrances sites Shanghai, China; East Hanover, US; Argenteuil, France; Vernier, Switzerland; Ashford, U.K., Mumbai, India; Sao Paolo, Brazil; and

Key flavours sites Cincinnati, US; Dübendorf, Switzerland; Naarden, The Netherlands; Sao Paolo, Brazil; Shanghai, China; and Singapore.


Vision and Values

Visi Givaudan adalah menjadi sumber utama pengideraan rasa dan bau yang Inovatif bagi para pelanggan, didorong oleh semangat untuk meraih keunggulan. Visi ini mencerminkan keinginan untuk menjadi top-of-mind dengan pelanggan dan pelanggan benar mencapai kemitraan.

Leading Sensory Inovation ™ Givaudan menggunakan kemampuan untuk menggunakan bahan yang alami, secara kreatif, ilmiah, berteknologi dan berorientasi bisnis, dapat menunjukkan hal-hal kunci yang menghasilkan citarasa & wangi-wangian berbeda bagi pelanggan.





History

Ketika muda apoteker, Leon Givaudan, mendirikan sebuah perusahaan wangi-wangian di Vernier tak jauh dari Jenewa, dia tidak membayangkan, Givaudan, menjadi pemimpin dunia dalam industri aroma dan rasa. Hari ini, Givaudan, sebuah perusahaan publik di pasar saham di Swiss, memang pemimpin pasar global.

Roure Perusahaan yang didirikan pada 1820 di Grasse, Prancis. Roure mengembangkan dan memproduksi aroma tanaman,minyak esensial, seperti melati dan bunga mawar, untuk industri Parfum. Satu abad kemudian, Roure memiliki perfumers berbakat dan mulai membuat komposisi sendiri. Dalam 1935, Roure diperkenalkan "shocking", kepada salah satu perancang Parfum Prancis, sehingga meluncurkan sinergi antara industri mode dan aroma wangi-wangian.

Givaudan didirikan pada 1895. Perusahaan dengan cepat melihat pentingnya membangun keberadaan dan di luar negeri, pada tahun 1924, Burton Bush membuka cabang di New Jersey. Dalam 1948, Givaudan memperluas keberadaan mengakuisisi Esrolko SA, sebuah perusahaan yang didirikan oleh Ibrahim Schwarz dengan nama Flora Chemische Fabrik AG di Dübendorf, Zurich. Strategis ini akhirnya membuka pintu industrialisasi ke pasar citarasa makanan. Dimana pada awal tahun 1960-an ada perubahan gaya hidup, terutama perempuan bekerja yang hanya punya sedikit waktu memasak, peningkatan permintaan akan makanan cepat saji

Pada 1963, Givaudan bergabung Hoffmann-LaRoche, anak perusahaan dari perusahaan farmasi di Swiss, Setahun kemudian, Roche juga diakuisisi oleh Roure. Givaudan dan Roure-Roche membuka sekolah Wangi-wangian (perfumers)di Paris. Hari ini, perfumers Givaudan satu dari tiga semua perfumers kreatif dalam industri fragrances

Givaudan mengembangkan keberadaan Asia dan lainnya ke dalam pasar global. Pada akhir tahun 1980-an, Givaudan membeli AROM Riedel, Jerman rasa perusahaan yang berbasis di Dortmund dan pada tahun 1991, perusahaan membeli Fritzsche, Dodge dan Olcott, Perusahaan Flavour & Fragrance USA. Pada tahun yang sama, Givaudan dan Roure digabungkan untuk membuat Givaudan-Roure. Merger ini selesai dibangun dengan akuisisi Tastemaker pada tahun 1997, yang membuat Givaudan perusahaan citarasa terbesar di dunia.

Pada tanggal 8 Juni 2000, Givaudan menjadi sebuah perusahaan independen memasuki bursa saham di Swiss. Pada tahun 2002, Givaudan membeli anak perusahaan dari Nestlé dan pada tahun 2003, IBF, sebuah perusahaan terkemuka rasa keju.

Pada tanggal 22 November 2006, Givaudan membeli dari ICI Plc perusahaan F&F Quest International . Akuisisi selesai dibangun pada 2 Maret 2007. Dengan akuisisi Quest, Givaudan semakin mengukuhkan posisinya sebagai pemimpin dunia dalam industri Flavours & Fragrances


Organization



________________________________________
Sales 2007
Breakdown per business unit













Bisnis Givaudan – Flavours (cita rasa)

Selama lebih dari 50 tahun, telah Givaudan yang bermitra dengan produsen makanan dan minuman di seluruh dunia, membantu membangun merek mereka dan menciptakan produk-produk konsumen dengan citarasa yang lebih dan yang mendapatkan sukses. Dengan meningkatnya persaingan pada skala global, perusahaan makanan dan minuman perlu mengadakan perubahan dan terus memberikan produk-produk baru dan unik yang memiliki potensi untuk mendapatkan kekaguman konsumen sehingga merasa "wow" dan menangkap pangsa pasar. Givaudan ada untuk membantu.

Givaudan adalah Industri terkemuka dengan investasi di R & D, ber-inovasi untuk rasa produk makanan dan minuman. Kami memberikan keahlian indrawi yang ilmiah memberikan dasar untuk pengembangan produk dan memvalidasi produk investasi. Dalam pengertian mendalam konsumen hasil produk lebih cocok untuk konsumen oleh usia, jenis kelamin, etnis, dan lokasi geografis - kami menyediakan pelanggan penting keuntungan kompetitif dalam pasar yang ramai. Kualitas global dan komprehensif membantu memastikan konsistensi produksdan pengurangan risiko bagi konsumen, dengan teknologi canggih untuk meraih pasar.

Dengan keberadaan di 48 negara dan pembuatan situs di semua daerah, Givaudan memgembangkan kebutuhan flavours (cita rasa) di seluruh dunia. Givaudan sungguh memiliki pengetahuan tentang selera, nuansa budaya, hukum, bisnis dan prosedur di tingkat local,serta pengalaman global yang memperlancar bisnis pelanggan.













PURCHASING

Definisi Purchasing

Pembelian adalah tindakan membeli barang dan jasa kebutuhan operasional perusahaan dan/atau produk-produk manufaktur. Mengingat bahwa departemen pembelian perusahaan menghabiskan rata-rata sekitar 50 sampai 70 persen dari setiap pendapatan dolar untuk bahan baku/jasa, Departemen Pembelian lebih fokus mencari cara untuk menurunkan biaya operasional. Pembelian sekarang lebih dilihat sebagai fungsi strategis yang dapat digunakan untuk mengendalikan biaya.

Organisasi Baru Global Flavours & Fragrance Purchasing merupakan langkah utama dalam proses integrasi. Yang berasal dari tiga struktur yang berhubungan dengan pembelian bahan baku dan desentralisasi belanja non bahan baku , jasa & service .
Global Buyer, yang berarti bahwa Pembeli tersebut bertanggung jawab untuk seluruh cabang Givaudan, mengatur pembelian dengan pihak ketiga, baik untuk non bahan baku, jasa, servise dan bahan baku Flavours & Fragrance,
Penjelasannya bahwa organisasi consolidates( mengumpulkan permintaan menjadi satu kesatuan) untuk Membeli bahan baku Fragrances dan Flavours, secara bertanggung jawab & mengutamakan efisiensi, pengembangan strategi pembelian terpadu, yang berarti bahwa organisasi yang terfokus pada pengembangan strategi pembelian, negosiasi kontrak dan pengelolaan hubungan dengan pemasok.

Pemesanan Pembelian Bahan baku, kini dikelola oleh Planning duduk di Perencanaan fungsi.

Dengan lebih dari 150 karyawan, Struktur Organisasi Pembelian adalah dua kelompok utama:

Global Buyer (Pembeli) untuk bahan baku dan non bahan baku, jasa, servis
Pembelian lokal


Selain itu ada tim kecil yang berfokus pada isu-isu strategis organisasi Pembelian secara keseluruhan.

17 komentar:

Unknown mengatakan...

Halo Ibu Dini...
Saya Hendri.
Mau tanya, apakah Givaudan membeli bahan baku secasra langsung di Indonesia?

Thanks

spica adhara mengatakan...

halo ibu dini,,,,,
saya spica. mau tanya,, kalo sekolah parfum nya givaudan ada dimana ya bu? trus kalo mau daftar gimana caranya? trimakasiiiih-

Fenny Tobondo mengatakan...

Bu Dini, ....
ni Fenny - EDP, mo nanya klo di Givaudan punya flavour powder ? khususnya Apple, Tangerine, Pandan, & Cinammon ?
lagi butuh sample 500gram per item .... klo harus beli ga papa ...
:-)

plis dikabarin yaa ...
thanks

Ayazka mengatakan...

Halo Ibu Dini,
Saya ayazka, mau tanya apakah PT Givaudan Indonesia melayani pembelian produk Flavour secara eceran. Minimal bisa beli berapa banyak per itemnya?
Mohon dibalas
Thanks

Unknown mengatakan...

halo ibu dini,
saya rully, mau tanya apakah givaudan indonesia membutuhkan kaffir lime oil? kebetulan orang tua saya produksi penyulingan kaffir lime oil di Tulungagung.
saya hrus menghubungi siapa utuk menawarkanya?
mohon dibalas
terimakasih

Unknown mengatakan...

Halo Ibu dini,
saya ardy, mau penawaran jadi supplyer spare part valve nih
gimana caranya ya
saya dari valve brand arita.

thanks,

Anonim mengatakan...

thanks,

Unknown mengatakan...

Haloo Ibi Dini,
Saya ingin menanyakan tentang pembuatan flavour untuk beverage/ minuman . Bisakan saya minta email Bu Dini sehingga bisa lebih privat untuk bertanya. Terimakasih .

Unknown mengatakan...

Hallo bu dini,,salam semangat..
Masih bekerja digivaudan bu?
Saya dari firmenich indonesia,salah satu perusahaan terbesar didunia juga.saya mau mendalami pekerjaan saya dibidang coumpounder sampling perfume..emang iya ada sekolahnya digivaudan?

JASA IMPORT mengatakan...

PT.ANDESCO PRATAMA LOGISTIK,
Adalah sebagai: Forwarding sea,air: export-import-door to door,borongan,courier dan customs clearance service.
kami memiliki staff yang berpengalaman dan berdidikasi tinggi adalah latar belakang perusahaan kami dalam mejalankan bisnis logistics export-import dan customs clearance untuk memberikan layanan pelanggan terbaik dari perusahaan kami dan kami juga memberikan harga terbaik kepada pelanggan kami dan berikut ini jasa yang kami tawarkan:

1. jasa export-import sea & air
2. jasa customs clearance sea & air
3. jasa door to door import sea & air
4. jasa door to door export air
5. jasa door to door,port to port,door to port domestics
5. jasa borongan (All-in)
6. jasa trucking
7. jasa pengurusan coo & dll


demikian jasa yang kami tawarkan mudah-mudahan bpk/ibu tertarik untuk megunakan jasa yang kami tawarkan dari perusahaan Pt.Andesco pratama logistik.

THANKS
ANDY
PT.ANDESCO PRATAMA LOGISTIK
Email: andy.andescologistics@yahoo.co.id

MATERIAL - HANDLING DENKO mengatakan...

Hallo Ibu Dini
saya farel dari PT.Denko, kami bergerak dibidang trading, alat kebutuhan industri seperti handpallet, stacker, handlift dll.
Jika Ibu berkenan dan ada kebutuhan barang2 tersebut diatas dapat sy bantu bu.

Terima kasih
farrel.denko@gmail.com

Unknown mengatakan...

Kasih tahu no telp kantor. Ingin beli flavor. Email: nsw.ingredients@yahoo.com

Unknown mengatakan...

Kepada Yth,

Ibu Dini

Perihal : Penawaran harga icing sugar / gula tepung.

Dengan Hormat,

Bersama ini kami sampaikan penawaran harga icing sugar / gula halus yang mana kegunaan nya untuk energy drink, seasoning, creamer, pemanis, Bakery dll. Perusahaan kami adalah solusi bagi perusahaan anda untuk efisiensi SDM dan Investasi infrastruktur dengan adanya kami disini dalam hal mensupplai Bahan Tambahan Pangan berupa Icing sugar atau gula tepung, gula kastor.

Perusahaan kami mensupplai icing sugar / gula tepung ke perusahaan multinasional dan beberapa perusahaan no 1 di bidangnya di Indonesia.

Regards,

Darwis hady
Hp : 081932419228
Jakarta

Unknown mengatakan...

benny luckiyanto Kadiv arketing manufacturing transforter dan pengelolaan limbah b3 rekomendasi kementrian lingkungan hidup dan perhubungan darat apa bila ada yg berinat silahkan hub kami 08128382620 email bennyamakorezekiutama@yahoo.com office 021 84901360 best regard, benny luckiyanto

aisoice mengatakan...

Terima kasih infonya gan.
Lumayan buat nambah wawasan.

Gema Parfum
Parfum Termahal di Dunia.

----------

Unknown mengatakan...

Malam ibu Dini Ariyanti
Mohon info no tlp Untuk pembelian bibit parfum giuvadan
Trimalasih

Ld mengatakan...

Selamat siang ibu Dini Ariyanti,,,,
Mohon info no tlp distributor Untuk pembelian bibit parfum giuvadan
Trima kasih,daerah jakarta
Saya tunggu balasannya di
Ldparfum01@gmail.com